Selasa, 28 Mei 2024
A- A A+

Teknopark Perikanan

Uraian Proyek

TKeberadaan proyek pengembangan Technopark Perikanan berbasis Blue Ekoconomy Development berorientasi pada penciptaan kawasan yang ideal untuk menumbuhkan industry dan jasa layanan usaha perikanan yang saling mendukung dan terkait dengan kawasan perikanan tangkap ( TPI, Pelabuhan Onshore ) sebagai penyedia bahan baku ikan laut yang didominasi oleh hasil tangkapan ikan pelagis ( Layang, lemuru, tongkol, dll ) dan Kawasan Perikanan Budidaya sebagai penyedia bahan baku dengan produk unggulan budidaya Udang Vanamae dan Nila Salina. Semuanya terletak dalam kawasan yang saling berdekatan di tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Panjang Wetan, Kelurahan Degayu dan Kelurahan Krapyak di Kecamatan Pekalongan Utara sehingga akan memberikan peluang efisiensi usaha, pertumbuhan ekonomi kawasan, penyerapan tenaga kerja sekitar kawasan dan pada akhirnya akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi Kota Pekalongan.

Kondisi Eksisting

Kondisi existing kawasan Technopark Perikanan saat ini merupakan kawasan seluas 2 hektar yang telah dikelola secara berkelanjutan. Adapun beberapa sarana prasana dan infrastruktur yang telah tersedia di kawasan Technopark untuk mewadahi bisnis usaha perikanan dan jasa layanan yang mendukung sector usaha perikanan yaitu Gedung Tenant Technopark Perikanan yang berfungsi sebagai layanan inkubasi pendampingan UMKM dan Tenant perikanan. Rumah Kemasan yang melayani jasa desain dan kemasan produk olahan hasil perikanan. Kios Perbekalan nelayan dan pasar ikan. Cold Storage 30 ton dan 100 ton yang memberikan layanan jasa sewa ruang pembekuan dan pendinginan ikan, jasa processing ikan, jasa sewa mobil berpendingin kapasitas 7 ton. Bangsal pengolahan hasil perikanan yang dimanfaatkan untuk proses pengolahan rumput laut. Di kawasan Technopark Perikanan juga tersedia Sentra Kuliner ikan yang menyediakan aneka menu masakan ikan. Dengan pemanfaatan lahan tersebut kawasan Technopark Perikanan masih mempunyai lahan yang belum dimanfaatkan kurang lebih 1 Hektar yang direncanakan untuk pembangunan infrastruktur bisnis usaha perikanan.

Tujuan dilakukannya pengembangan technopark berbasis blue economy Development di Kota Pekalongan ini adalah :

  1. Memanfaatkan lahan di kawasan Technopark milik Pemerintah Kota Pekalongan yang masih membutuhkan investasi. Masih terdapat sekitar 2 hektar lahan milik pemerintah kota pekalongan yang berada tepat dibelakang gedung technopark yang masih bisa dikembangkan menjadi industri pengolahan ikan
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, melalui peluang terciptanya lapangan kerja baru
  3. Meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekalongan, melalui penyewaan lahan dan fasilitas industry perikanan yang dimiliki oleh Technopark Perikanan Kota Pekalongan

Kegiatan Pengembangan

Adapun kegiatan yang akan dikembangkan dalam Technopark Perikanan Kota Pekalongan tersebut terbagi ke dalam tiga lingkup, yaitu :

  1. Fish-preneur, merupakan pusat dari system yang ada di technopark perikanan Kota Pekalongan;
  2. Business park. Business park ini nantinya akan menjadi divisi yang menangani berbagai kegiatan bisnis di technopark;
  3. Kampung ikan, nantinya akan terintegrasi dengan wisata Pasir Kencana sehingga saling menguntungkan satu sama lain. Pengunjung Wisata Pasir Kencana dapat berkunjung ke kampung ikan yang merupakan sarana wisata belanja dan kuliner.

Aspek Pemasaran

Kelayakan dilihat dari rencana pengembangan bisnis dan pangsa pasar yang menyasar pada pasar lokal serta pasar internasional / ekspor yang masih sangat terbuka lebar peluangnya 

Aspek Legalitas

Kelayakan ditentukan dari ketersediaan dokumen perizinan dan juga dokumen lingkungan terkait yang sesuai dengan peraturan perundangan.

Aspek Keungan

Total nilai investasi yang ditawarkan Rp 17.469.106.850 dengan IRR 18,16% dan Payback Period 5 Tahun

Sumber : Technopark Perikanan Kota Pekalongan

Hubungi Kami

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan

Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No. 1

Telp : 0285 - 432086
Fax : 0285 - 420428
Email : oss@pekalongankota.go.id