Sabtu, 21 September 2024
A- A A+

Sosialisasi Kegiatan Talk show di Radio Kota Batik Kota Pekalongan dengan tema "Sosialisasi Kegiatan SI AAP MLAKU" (Siap Melayani Administrasi Perizinan Melalui Layanan Keliling Terpadu)

800

INFORMASI - DPMPTSP Kota Pekalongan pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kegiatan Talk show di Radio Kota Batik Kota Pekalongan dengan tema "Sosialisasi Kegiatan SI AAP MLAKU" (Siap Melayani Administrasi Perizinan Melalui Layanan Keliling Terpadu). SI AAP MLAKU (Siap Melayani Administrasi Perizinan Melalui Layanan Keliling Terpadu) adalah inovasi yang dibuat oleh DPMPTSP Kota Pekalongan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang perizinan. Inovasi ini berbentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan secara bergerak keliling ke satu tempat ke tempat lain ke masyarakat yang membutuhkan pelayanan perizinan.

Semua layanan yang ada di DPMPTSP, baik perizinan berusaha, perizinan non berusaha dan pengaduan masyarakat dapat dilakukan secara online. Masyarakat dapat mengakses portal yang tersedia seperti OSS untuk perizinan berusaha atau Aplikasi New SAKPORE untuk perizinan non berusaha. Namun kami mencermati tidak semua masyarakat paham terkait teknologi terutama pelayanan publik berbasis digital seperti aplikasi OSS dan aplikasi New SAKPORE. Beberapa masyarakat masih ada yang gaptek dan masih ada yang minim pengetahuan terkait pentingnya legalitas perizinan baik perizinan berusaha maupun perizinan non berusaha. Sehingga dengan permasalahan tersebut kami DPMPTSP Kota Pekalongan hadir di tengah-tengah masyarakat melalui inovasi SI AAP MLAKU ini untuk mengsosialisasikan dan membantu masyarakat dalam hal pengurusan perizinan. Layanan SI AAP MLAKU ini sama dengan layanan helpdesk yang ada di kantor DPMPTSP, bedanya Petugas Kami yang hadir ke tempat masyarakat. Kami melayani :

  • Layanan perbantuan perizinan berusaha melalui aplikasi OSS (seperti NIB untuk izin usaha perdagangan, industri, pariwisata dsb)
  • Layanan perbantuan perizinan non berusaha melalui aplikasi New SAKPORE (Seperti Izin Reklame, SPKP, SIP Dokter, SIP Perawat, SIP Bidan dsb)
  • Layanan Konsultasi perizinan
  • Layanan Pengaduan

semua jenis layanan yang kami layani tidak dipungut biaya sama sekali. Dan kami juga menghimbau kepada masyarakat yang telah mendapat layanan dari petugas kami dimohon untuk tidak memberikan uang atau hadiah tertentu kepada petugas kami. DPMPTSP Kota Pekalongan adalah salah satu dari 2 OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pekalongan yang telah mendapat predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), sehingga petugas kami akan menolak segala bentuk gratifikasi.

Layanan SI AAP MLAKU ada jadwalnya, namun jadwalnya tidak sama di setiap minggunya. Waktu dan tempat pelayananya dapat berubah-ubah, Jadwal pelayanannya dapat dilihat di media sosial kami.

Apabila ada masyarakat atau perusahaan/Rumah Sakit/Puskesmas yang membutuhkan layanan tersebut dapat menghubungi nomor telpon DPMPTSP di nomor telpon 0285432086 atau melalui WhatsApp 0857 1301 2755. Kami akan segera menjadwalkan petugas kami untuk hadir di te mpat yang diinginkan. Contohnya apabila ada rumah sakit yang kebetulan banyak perizinan tenaga kesehatannya yang akan habis masa berlakunya. Kemudian ingin dibantu proses pendaftarannya maka kami siap ke lokasi untuk membantu secara langsung proses pendaftaran perizinannya. Atau ada komunitas/paguyuban usaha tertentu yang ingin mendapatkan sosialisasi/pendampingan perizinan berusaha juga bisa kami bantu melalui layanan SI AAP MLAKU ini.

Dengan adanya inovasi SI AAP MLAKU ini kami berharap :

  • yang pertama, Pemerintah Kota Pekalongan dalam hal ini khususnya DPMPTSP Kota Pekalongan dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat Kota Pekalongan, baik mengenal Dinasnya maupun mengenal jenis layananya
  • yang kedua, kami berharap meningkatnya pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap pentingnya legalitas perizinan, sehingga bagi masyarakat yang memiliki usaha agar mendaftarkan perizinannya
  • yang ketiga, kami berharap inovasi SI AAP MLAKU ini dapat dimanfaat oleh masyarakat baik untuk sekedar konsultasi maupun dalam pengurusan perizinan

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

Hubungi Kami

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan

Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No. 1

Telp : 0285 - 432086
Fax : 0285 - 420428
Email : oss@pekalongankota.go.id